2 Kecamatan dan 55 Desa Lunas PBB periode Mei 2019

Perolehan realisasi Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB ) Kabupaten Sragen tahun 2019 mengalami perkembangan yang  cukup signifikan. Pada periode Mei 2019 lalu, sebanyak 2 kecamatan dan 55 desa telah lunas PBB. Jika dihitung nominal uangnya, pendapatan yang telah diterima dari PBB hingga hari ini telah mencapai Rp. 13.261.495.097 atau sekitar  55,25 % dari baku PBB 2019.

Kecamatan yang berhasil lunas PBB hingga akhir Mei lalu yakni Kecamatan Jenar dan Kecamatan Gesi. Semua desa di dua kecamatan tersebut berhasil menyelesaikan penanganan PBB hingga lunas akhir Mei lalu. Sebagai apresiasi, pemerintah Kabupaten Sragen akan memberikan uang penghargaan kepada Kebayanan, Desa dan Kecamatan yang lunas pada akhir Mei 2019 tersebut.

Target triwulan I sebanyak 15 %  dari Rp. 24.000.000.000 telah terlampaui. Begitu juga targat triwulan II ( April-Mei-Juni ) yakni 40% telah tercapai pada awal bulan Mei lalu. Saat ini tim penanganan PBB sedang berpacu untuk memenuhi target triwulan III ( Juli-Agustus-September ) sebanyak 75 % dari baku penetapan.

Perolehan ini juga didongkrak dari program pembebasan denda yang telah digulirkan pemkab sragen tanggal 6 Mei hingga 31 Mei 2019. Dari program ini, tunggakan PBB yang telah berhasil didulang sebanyak Rp. 1.037.000.000 . Cukup besar untuk penerimaan tunggakan selam satu bulan. Sehingga program ini bisa dinilai cukup berhasil untuk mengurangi tunggakan PBB di Kabupaten Sragen.

Tunggakan PBB di Kabupaten Sragen hingga saat ini telah tertangani dengan cukup baik. Kesadaran masyarakat untuk membayar PBB pun bisa dikatakan meningkat. Hal ini bisa dilihat dari perbandingan penerimaan PBB jika dilihat pada hari yang sama pada tahun ini dibandingkan dengan penerimaan pada satu tahun lalu atau dua tahun lalu. Tunggakan PBB di Sragen ini pun termasuk paling kecil dibandingkan dengan daerah sekitar. Meski begitu tim penanganan tunggakan akan berusahan terus untuk menangani tunggakan PBB di Kabupaten Sragen.

 

You May Also Like