Membayar Pajak Berpeluang Mendapat Hadiah

Masyarakat sebagai wajib pajak (WP) jika sudah melunasi Pajak Bumi Bangunan Perkotaan Pedesaan (PBB-P2) Tahun 2018 berpeluang mendapatkan puluhan hadiah-hadiah menarik. Salah satu hadiahnya adalah sepeda motor. Pasalnya, setiap WP yang telah melunasi PBB-P2 sebelum jatuh tempo akan diikut sertakan dalam undian Lunas PBB-P2 2018. Selain sepeda motor, hadiah-hadiah lainnya yakni televisi, mesin cuci, lemari es dan masih banyak lagi.

Rencananya, undian akan dilaksanakan sekitar Bulan Oktober tahun ini. Menariknya, undian akan dilakukan di 20 tempat yakni di 20 kecamatan di Kabupaten Sragen. Selain akan di undi di tingkat kecamatan, undian juga akan dilaksanakan di di tingkat kabupaten.

Bagi-bagi hadiah melalui undian lunas PBB-P2 ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kemauan dan kesadaran masyarakat dalam membayar PBB-P2. Karena sehebat apapun kinerja petugas pengelola PBB-P2, kunci keberhasilan  besarnya penerimaan PBB-P2 terletak pada kesadaran masyarakat. Tinggi kesadaran WP berarti target bisa dengan mudah di capai. Namun sebaliknya, jika rendah kesadaran masyarakat akan membuat pemerintah  kesulitan dalam memaksimalkan pemasukan pajak. Hal tersebut akhirnya berdampak pada pembangunan secara keseluruhan.

PBB-P2 adalah salah satu dari 11 pajak yang saat ini telah menjadi kewenangan pemerintah kabupaten. PBB-P2 merupakan Pajak Negara yang dikenakan terhadap bumi dan atau bangunan berdasarkan Undang-undang nomor 12 Tahun 1985 tentang Pajak Bumi dan Bangunan sebagaimana telah diubah dengan UndangUndang nomor 12 Tahun 1994.

Pajak yang satu ini bersifat kebendaan, dalam arti besarnya pajak terutang ditentukan oleh keadaan objek yaitu bumi/tanah dan atau bangunan. Keadaan subjek (siapa yang membayar) tidak ikut menentukan besarnya pajak.

Tanpa iming-iming hadiahpun, sebetulnya WP wajib membayar pajak. Karena Pajak adalah bentuk kontribusi wajib yang harus dibayarkan kepada pemerintah dan bersifat memaksa dengan tidak mendapatkan imbalannya secara langsung. Imbalannya dapat diterima oleh masyarakat secara tidak langsung. Sepertinya misalnya pembangunan fasilitas – fasilitas umum semacam pembangunan jalan raya, penerangan jalan dan fasilitas lainnya.

Berminat untuk mendapatkan hadiah? segera bayar PBB-P2 anda dan anda akan bisa diikutkan dalam undian lunas PBB-P2 oleh Pemerintah Kabupaten Sragen melalui BPPKAD Kab. Sragen pada Oktober mendatang.

You May Also Like