Pajak Reklame

Pajak Reklame adalah pajak atas penyelenggaraan reklame. Reklame adalah benda, alat, perbuatan, atau media yang bentuk dan corak ragamnya dirancang untuk tujuan komersial memperkenalkan, menganjurkan, mempromosikan, atau untuk menarik perhatian umum terhadap barang, jasa, orang, atau badan, yang dapat dilihat, dibaca, didengar, dirasakan, dan/atau dinikmati oleh umum.

 

OBJEK  PAJAK REKLAME

 

Objek Pajak Reklame adalah semua penyelenggaraan reklame. Objek Pajak sebagaimana dimaksud meliputi :

  1. Reklame papan / billboard / videotron / megatron dan sejenisnya;
  2. Reklame kain;
  3. Reklame melekat, stiker;
  4. Reklame selebaran;
  5. Reklame berjalan, termasuk pada kendaraan;
  6. Reklame udara;
  7. Reklame apung;
  8. Reklame suara;
  9. Reklame film/slide;
  10. Reklame peragaan;

DIKECUALIKAN

Tidak termasuk sebagai objek Pajak Reklame adalah:

  1. penyelenggaraan reklame melalui internet,
    televisi, radio, warta harian, warta mingguan, warta bulanan, dan sejenisnya;
  2. label/merek produk yang melekat pada barang yang diperdagangkan, yang berfungsi untuk membedakan dari produk sejenis lainnya;
  3. nama pengenal usaha atau profesi yang dipasang melekat pada bangunan tempat usaha atau profesi dengan ketentuan tidak
    melebihi ukuran 2 m² Reklame yang diselenggarakan oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah;
  4. Reklame yang diselenggarakan dalam rangka Pilkades, Pemilukada, Pemilu Legislatif, dan Pilpres.

SUBJEK PAJAK REKLAME

 

Subjek Pajak Reklame adalah orang pribadi atau badan yang menggunakan reklame.

WAJIB PAJAK REKLAME

 

  • Wajib Pajak Reklame adalah orang pribadi atau badan yang menyelenggarakan reklame.
  • Dalam hal reklame diselenggarakan sendiri secara langsung oleh orang pribadi atau badan, Wajib Pajak Reklame adalah orang pribadi atau badan tersebut.
  • Dalam hal reklame diselenggarakan melalui pihak ketiga, pihak ketiga tersebut menjadi Wajib Pajak Reklame.

DASAR PENGENAAN

 

  • Dasar pengenaan Pajak Reklame adalah Nilai Sewa Reklame.
  • Dalam hal reklame diselenggarakan oleh pihak ketiga, Nilai Sewa Reklame sebagaimana yang dimaksud ditetapkan berdasarkan nilai kontrak reklame.
  • Dalam hal reklame diselenggarakan sendiri, Nilai Sewa Reklame sebagaimana yang dimaksud dihitung dengan memperhatikan faktor jenis, bahan yang digunakan, lokasi penempatan, waktu, jangka waktu penyelenggaraan, jumlah, dan ukuran media reklame.
  • Dalam hal Nilai Sewa Reklame sebagaimana dimaksud tidak diketahui dan/atau dianggap tidak wajar, Nilai Sewa Reklame ditetapkan dengan menggunakan faktor-faktor sebagaimana dimaksud.

CARA PERHITUNGAN NILAI SEWA

Cara perhitungan Nilai Sewa Reklame sebagaimana dimaksud ditentukan sebagai berikut :

  1. nilai sewa reklame dihitung sebagai hasil
    perkalian antara nilai jual reklame dengan biaya pemasangan reklame;
  2. biaya pemasangan reklame dihitung dari luas reklame dikalikan harga dasar pemasangan reklame;
  3. untuk menghitung masing-masing faktor diberi skor/koefisien yang ditentukan dengan angka indeks yang menggambarkan nilai dari tiaptiap faktor;
  4. nilai jual reklame diperoleh dari perkalian
    antara skor/koefisien yang diberikan untuk masing-masing faktor.
  5. Hasil perhitungan Nilai Sewa Reklame sebagaimana dimaksud ditetapkan dengan Peraturan Bupati.

TARIF PAJAK REKLAME

 

Tarif Pajak Reklame ditetapkan sebesar 25 % (dua puluh lima persen).

BESARAN POKOK PAJAK REKLAME

Besaran pokok Pajak Reklame yang terutang dihitung dengan cara mengalikan tarif sebagaimana dimaksud dengan dasar pengenaan pajak.

 

Untuk pertanyaan seputar pajak, silahkan kirim pertanyaan melalui form dibawah ini :

[ninja_form id=1]