Pertama Kali di Jateng, Pemkab Sragen Luncurkan e-SPBU

BPPKAD SRAGEN – Meski baru taraf ujicoba, namun inovasi dari Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Sragen dinilai cukup berhasil. Inovasi tersebut berupa pembayaran pengisian bahan bakar minyak (BBM) kendaraan dinas dengan menggunakan kartu elektronik e-SPBU.

Mulai 1 Agustus 2019 lalu, kartu e-SPBU tersebut diujicobakan untuk pengisian bahan bakar kendaraan dinas di lingkungan BPPKAD Kab.Sragen. Dijelaskan oleh Dwiyanto, SSTP, MSi Kepala BPPKAD Sragen, tidak menutup kemungkinan kedepan akan digunakan untuk kendaraan dinas di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya. “Setelah kami uji coba, kami tentu akan melakukan evaluasi, nanti akan diterapkan di semua OPD di Sragen,”  jelas Dwiyanto, SSTP,MSi.

Ditambahkannya, inovasi ini dalam mendukung komitmen untuk mengurangi transaksi tunai. “Ini hanya sebagian kecil untuk mendukung Kabupaten Sragen smart city, masih banyak program-program lain,” lanjut dia.

Pembelian BBM kendaraan dinas,  hanya berlaku di SPBU yang dikelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)  yang ditunjuk. Penggunaan kartu tersebut berupa kartu elektronik yang merupakan produk kerjasama dengan Bank Jateng. Alat untuk membaca kartu e-SPBU ini sudah dipasang di SPBU yang ditunjuk. Setiap transaksi dari server SPBU akan langsung masuk ke BPPKAD

Peluncuran dilakukan Pemimpin Bank Jateng Cabang Sragen Retno Tri Wulandari bersama Kepala BPPKAD Kab.Sragen, pada hari Kamis (1/8) lalu. Retno Tri Wulandari mengatakan inovasi transaksi non tunai E-SPBU merupakan inovasi pertama di Jawa Tengah. “Sragen menjadi pilot project dan tidak menutup kemungkinan bisa dikembangkan di kabupaten lainnya di Jawa Tengah,” katanya.

Senada dengan Retno Tri Wulandari, Dwiyanto, SSTP, MSi juga mengatakan hal yang sama. “Insyaallah Kabupaten Sragen menjadi rintisan di Jawa Tengah, dan kali pertama dalam penerapan pembayaran SPBU sistem e money,” jelas Dwi.

 

You May Also Like