Warga Bijak Taat Bayar Pajak

Pembangunan yang dilakukan secara terus menerus oleh pemerintah selama ini bertujuan tidak lain untuk kesejahteraan rakyat. Nah, tentunya hal ini membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Untuk mewujudkan pembangunan tersebut perlu adanya penggalian sumber dana yang berasal dari dalam negeri, salah satunya yakni pajak.

Pendapatan dari pajak ini digunakan untuk membiayai pembangunan yang berguna bagi kepentingan bersama. Secara nasional, pajak merupakan sumber penerimaan dana yang dominan dalam anggaran pendapatan dan belanja Negara (APBN). Hampir 70 % penerimaan dana pemerintah berasal dari sektor pajak.

Tidak hanya pemerintah pusat, pajak pun juga merupakan sumber pendapatan bagi pemerintah daerah. Karena saat ini sudah ada 11 pajak yang menjadi kewenangan daerah kabupaten dan … pajak yang menjadi kewenangan pemerintah propinsi. Hasil dari pajak ini digunakan untuk mendukung penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan.

Jika menengok pada Negara maju, kesadaran warganya dalam membayar pajak tidak diragukan lagi. Negara mereka bisa maju pesat karena dukungan yang besar dari sektor pajak. Untuk itu Negara berkembang bisa belajar dari Negara maju ini. Jika ingin menjadi Negara yang perekonomiannya kuat, penerimaan dari sector pajak juga harus kuat. Untuk itu diperlukan kesadaran yang tinggi dari semua lapisan warga untuk taat membayar pajak.

Untuk itu “Warga Bijak Taat Bayar Pajak” bukan hanya menjadi slogan semata, namun betul-betul disadari sepenuhnya oleh masyarakat. Manfaat pajak secara tidak langsung juga akan dirasakan oleh masyarakat dalam bentuk bentuk pembangunan infrastruktur, pelayanan-pelayanan yang diberikan oleh pemerintah dan lainnya.

You May Also Like